.:Jajanan Tradisional yang Hampir Terlupakan:.

Selamat pagi agan2..saya mo sharing tentang jajanan tradisional yang hampir terlupakan. Hanya sekedar untuk mengingatkan bahwa negara kita kaya dengan jajanan tradisional, sayangnya makin lama makin tergeser dengan jajanan modern..

Quote:
Semoga ga repost..udah coba search dengan judul yang sama ga ada kok..
Quote:
Kalo agan2 mau nambahin, saya seneng banget..karena keterbatasan pengetahuan saya jadi cuma dikit yang bisa diupdate
Quote:
Oke..langsung aja yah..
Quote:
1. Kue Rangi

Spoiler for Kue Rangi:

Quote:
Kue rangi ini kue khas betawi, bentuknya mirip kue pancong atau bandros, tapi ukurannya lebih kecil. Rasanya juga jauh berbeda karena kue rangi dibuat dari bahan yang sederhana. Cuma campuran tepung kanji atau sagu tani dan kelapa parut. Setelah dipanggang, kue disajikan dengan larutan gula merah. Untuk harganya relatif sangat murah. Hanya Rp 100 tiap sekat atau Rp 1.000 tiap lembar yang terdiri dari 12 sekat kue.
Quote:
2. Klepon

Spoiler for Klepon:

Quote:
Klepon ini termasuk jajanan tradisional yang sampai sekarang masih eksis. Terbuat dari tepung ketan yang dibentuk bola-bola kecil dan berisi irisan gula merah. Bertabur kelapa parut dan kalau dimakan ada sensasi “nyess” ketika kleponnya tergigit
Quote:
3. Cenil

Spoiler for Cenil:

Quote:
Cenil ini termasuk kerabatnya si Klepon, rasanya kenyal karena terbuat dari tepung kanji atau sagu tani. Warnanya cerah ceria, penyajiannya ditaburi gula pasir dan kelapa parut
Quote:
4. Getuk Lindri

Spoiler for Getuk Lindri:

Quote:
Getuk lindri, penjual panganan yang terbuat dari singkong ini punya cara khas dalam menjajakannya. Gerobak getuk lindri selalu full musik, kebanyakan sih dangdut. Jadi kalau ada alunan dangdut siang2, bisa dipastikan tukang getuk lindri sedang lewat
Quote:
5. Kue Cucur

Spoiler for Kue Cucur:

Quote:
Kue cucur ini sekarang udah jarang di temui di tempat ane, jajanan yang terbuat dari tepung beras ini rasanya manis gula merah. Enak..
Quote:
6. Kembang Goyang

Spoiler for Kembang Goyang:

Quote:
Ga tau kenapa namanya kembang goyang..apa bikinnya sambil goyang-goyang? Yang pasti jajanan ini juga udah mulai langka..
Quote:
7. Clorot

Spoiler for Clorot:

Quote:
Namanya unik, bentuknya juga unik. Ada yang baru tau? Itu bisa dimaklumi..ini jajanan juga udah jarang ditemui.
Quote:
8. Jewawut

Spoiler for Jewawut:

Quote:
Panganan ini memang namanya agak gimanaaa gitu, tapi rasanya enak. Biasa dibikin bubur. Tapi sebenarnya ini makanan burung..
Quote:
9. Gulali

Spoiler for Gulali:

Quote:
Ke manakah abang tukang gulali? Kenapa sekarang udah menghilang ga tau ke mana rimbanya??
Quote:
10. Awug-awug

Spoiler for Awug-awug:

Quote:
Jajanan bernama unik (lagi) ini terbuat dari sagu mutiara dan kelapa. Biasanya dibungkus daun pisang. Rasanya manis, agak kenyal.
Quote:
11. Carabikang

Spoiler for Carabikang:

Quote:
Kue berbentuk khas ini sekarang masih sering ditemui di beberapa tempat, meskipun udah mulai jarang juga. Rasanya enak, manis, dan bentuknya seperti bunga terbalik.
Quote:
12. Kue Lumpur

Spoiler for Kue Lumpur:

Quote:
Meskipun namanya kue lumpur, tapi bentuk dan rasanya jauuuhh dari lumpur. Ga tau kenapa bisa disebut kue lumpur. Yang pasti rasa kue ini enak, manis dan lembut. Bahannya bervariasi, dari kue lumpur kentang, kue lumpur labu kuning, sampai kue lumpur yang hanya menggunakan tepung terigu.
Quote:
13. Bingka

Spoiler for Bingka:

Quote:
Bingka ini kue tradisional khas kalimantan, seperti kue lumpur tapi lebih besar bentuknya.
Quote:
14. Kue Mendut

Spoiler for Kue Mendut:

Quote:
Kue mendut ini ga ada hubungannya sama candi mendut . Terbuat dari tepung ketan yang berisi parutan kelapa dan gula merah, disiram santan dan dibungkus daun pisang. Semoga kebayang gimana rasanya
Quote:
15. Kue Putu

Spoiler for Kue Putu:

Quote:
Kue putu banyak macamnya, untuk putu yang satu ini biasa disebut kue putu atau kue putu bumbung. Mungkin karena dibikinnya pake bantuan bambu
Quote:
16. Kue Putu Ayu

Spoiler for Kue Putu Ayu:

Quote:
Ini temennya putu bumbung, namanya putu ayu, tampilannya lebih cantik ya?
Quote:
17. Kue Putu Mayang

Spoiler for Kue Putu Mayang:

Quote:
Masih sodara sama putu bumbung dan putu ayu, inilah putu mayang Bentuknya kaya mie, biasa disajikan dengan kuah santan gula merah.
Quote:
18. Talam

Spoiler for Talam:

Quote:
Mirip kue lumpur, tapi ini menggunakan topping santan di atasnya. Rasanya manis, lembut dan lumer di mulut
Quote:
19. Bangket

Spoiler for Bangket:

Quote:
Bangket ini kue khas dari Kepulauan Riau. Terbuat dari tepung sagu dan biasanya dicetak dengan cetakan bunga. Tapi sekarang udah banyak bentuk cetakan. Rasanya enak..
Quote:
20. Kue Ku atau Kue Kura

Spoiler for Kue Ku atau Kue Kura:

Quote:
Ada banyak nama untuk menyebut kue yang satu ini. Ada Kue ku, kue kura, ada lagi yang agak saru tapi maaf ga bisa saya sebutin di sini . Yang pasti kue ini enak, terbuat dari tepung ketan dan berisi kacang hijau halus.
Quote:
Sumber: mbah Google dan keterbatasan pengetahuan saya. Jadi mohon dimaafkan dan dikoreksi kalau ada salah
Quote:
Pastinya lebih banyak lagi kue tradisional dari Sabang sampai Merauke, mohon tambahan dari agan2 sekalian yaa..
Quote:
Spoiler for Tambahan dari agan2:
Quote:
Originally Posted by d.taplux View Post

gandos gan ::

tetangga ane buat kaya gini

sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8373465

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel klikunic.net secara gratis melalui email: