Kota Luang Prabang yang Unik dan Eksotis :)b

Berencana liburan sekaligus mengunjungi saudra di Luang Prabang,

ane mulai browsing-brosing soal kota eksotik yang satu ini..
dan menemukan banyak hal menarik yang mudah2an bermanfaat untuk dibagi..


PETA LOKASI


SUNSET IN MEKONG

tolong bantu rate ya jika berkenan..

juga boleh

Spoiler for TENTANG LUANG PRABANG:

Luang Prabang atau Louangphrabang (Lao: ?????????, secara harfiah: dalam menghilangkan Ketakutan Mudra),” adalah sebuah kota yang terletak di utara pusat Laos, pada Sungai Mekong sekitar 425 km sebelah utara Vientiane, dan ibukota Provinsi Louangphabang. Saat ini jumlah penduduk kota ini adalah sekitar 103.000 jiwa.

Dahulu kota ini adalah sebuah ibukota kerajaan dengan nama yang sama. Sampai pengambilalihan oleh pemerintahan komunis Laos pada tahun 1975, Luang Prabang adalah ibukota kerajaan dan pusat pemerintahan dari Kerajaan Laos. Kota ini juga terkenal sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.
(sumber : wikipedia)

Luang Prabang merupakan contoh luar biasa dari percampuran arsitektur tradisional dan perkotaan Laos yang dibangun oleh otoritas kolonial Eropa di abad 19 dan 20. Sangat unik, pemandangan kota sangat terawat baik menggambarkan tahap kunci dalam pencampuran dari dua tradisi budaya yang berbeda.

Muang Sua adalah nama lama dari Luang Prabang yang bersamaan dengan penaklukan kota ini pada tahun 698 oleh seorang pangeran Thai, Khun Lo, yang merebut kesempatan ketika Nan-chao (raja setempat yang menguasai Muang Sua) sedang melaksanakan prosesi bertunangan di tempat lain. Lo Khun telah diberikan kota oleh ayahnya, Khun Borom, yang dikaitkan dengan legenda Lao tentang penciptaan dunia, dan wilayah Lao yang berbagi dengan bangsa Shan dan bangsa-bangsa lain di kawasan Lao. Lo Khun mendirikan sebuah dinasti dan memerintah dengan waktu yang setara dengan lima belas penguasa independen Muang Sua dalam satu abad.

Dalam paruh kedua abad ke-8, Nan-chao sering ikut campur dalam urusan-urusan kerajaan tengah Lembah Mekong, yang mengakibatkan pendudukan Muang Sua pada tahun 709. Pangeran Nan-chao atau administrator yang menggantikan aristokrasi Tuan Thai. Tanggal pendudukan tidak diketahui, tetapi mungkin berakhir dengan baik sebelum perluasan di wilayah utara Kekaisaran Khmer pada masa Indravarman I (877-889) dan diperpanjang sampai ke wilayah Sipsong panna di hulu Sungai Mekong.

(dari berbagai sumber)

Spoiler for HOW TO GET THERE:
Spoiler for LEWAT UDARA:

Bandara tepat di sebelah utara kota dan telah menjadwalkan penerbangan dari / ke Vientiane, Bangkok, Chiang Mai, Hanoi dan Siem Reap.

- Bangkok Airways menawarkan penerbangan dari Bangkok dan Siem Reap.

- Laos Airlines menawarkan penerbangan dari Hanoi, dll

Visa-on-Kedatangan tersedia di bandara – Harga visa disesuaikan pada kebangsaan Anda. Anda butuh fotocopy paspor untuk mendapatkan visa. Jika Anda tidak memiliki, mereka akan memindai gambar Anda dari paspor Anda dan biaya tambahan $ US1.

Negara ASEAN tidak perlu visa untuk memasuki Laos selama tidak melebihi 30 hari.

Biaya taksi menuju kota sekitar $ US6, terdapat counter taksi tepat di luar ruang kedatangan.

Spoiler for LEWAT DARAT:

13 jalan raya menghubungkan Luang Prabang ke Vang Vieng, Vientiane di selatan dan melalui Highway 1 ke utara. 13 jalan raya disegel dan dalam kondisi baik sepanjang jalan ke Vientiane. Meskipun ada insiden kekerasan di sepanjang hamparan jalan di masa lalu, sekarang sudah aman.

Ada tiga stasiun bus, masing-masing sedikit di luar kota, yang melayani arah yang berbeda. Tiket dapat dibeli di setiap agen perjalanan di kota, di stasiun bus, atau ketika naik bus (jika masih ada sisa tempat). Pemesanan tiket bus melalui agen perjalanan biasanya ada biaya tambahan yang besar dibandingkan dengan membeli sendiri. Rencanakan untuk tiba di stasiun bus antara 30-45 menit sebelum keberangkatan Anda. Tanyalah pada tuk-tuk driver tentang jadwal dan tujuan bus yang benar.

Spoiler for LEWAT AIR:

Perahu mengarungi sungai Mekong ke dan dari Huay Xai di perbatasan Thailand, berhenti di Pakbeng dimana Anda bisa menggunakan koneksi darat menuju timur laut dan perbatasan dengan China. Perjalanan memakan waktu 2 hari (masing-masing 9 jam/ hari) dengan slowboat, atau 6 jam dengan speedboat. Ada juga yang menawarkan keberangaktan 2 hari dengan kapal pesiar mewah.

Slowboat berangkat setiap hari, jadwal terakhir pukul 11:00. Perjalanan ke Luang Prabang dari Huay Xai menghabiskan biaya 220.000 kip atau 900 baht (Sep 2011). Sebaiknya Anda naik Tuktuk dari perbatasan penyebrangan di Huay Xai setelah kapal mendarat (atau sekitar 15min berjalan kaki) dan membeli tiket di pelahuban karena semua agen tur di kota mengenakan biaya tambahan, dan agen biasanya tidak memiliki informasi yang bisa dipercaya tentang kapal.

Kapal lambat umumnya sangat padat – begitu banyak penumpang sehingga mungkin ada tidak cukup kursi untuk pergi berjalan-jalan. Datang lebih awal akan memperpanjang waktu perjalanan anda, tetapi bisa mendapatkan kesempatan memilih tempat dan kursi terbaik.

(sumber : Wikitravel)

Spoiler for WISATA LOKAL & BUDAYA:
Spoiler for Alms Ceremony:

Upacara Sedekah – bhikkhu saat fajar mengumpulkan sedekah seperti beras dari penduduk desa yang berlutut. Mintalah tuan rumah penginapan Anda untuk membantu Anda dalam mempersiapkan sehari sebelumnya jika Anda ingin memberi sedekah di pagi hari.

Spoiler for HAW KHAM:

Haw Kham – Bekas istana kerajaan dan sekarang digunakan sebagai museum nasional, tiket masuk 30.000 Kip, foto / video / tas / sepatu tidak diperbolehkan, disediakan loker gratis. Buka mulai 08:00 – 11: 30AM dan 1:30-16:00 setiap hari kecuali Selasa. Ada juga kadang-kadang lokal drama atau pertunjukan tari di teater yang dekat dengan lokasi.

Spoiler for PHOU SI:

Phou Si – bukit utama di kota yang memiliki pemandangan indah dari seluruh kota. Pendakian tidak begitu curam, waktu paling baik ke lokasi ini adalah pada saat sunrise dan sunset. Ada tempat yang memiliki pemandangan paling indah dengan biaya masuk 20,000 kip.

Spoiler for VAT XIENG TOUNG:

Vat Xieng Toung – biara tertua di kota dan salah satu yang paling indah. BUka dari 06:00 pagi -6:00 sore. Biaya masuk 20.000 kip.

Spoiler for VIPASSANA TEMPLE AND PARK:
Vipassana kuil dan taman – candi emas ini sangat terlihat dari Phou Si, adalah hal yang suci bagi umat Buddha untuk berlatih meditasi Vipassana.

Spoiler for FOTO-FOTO YANG LAIN:


TAD SAE WATERFALLS


KUANG SI WATERFALLS


PAK OU CAVES

sumber :http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=11354609

Kota Luang Prabang yang Unik dan Eksotis :) b
diterbitkan oleh : http://www.klikunic.net

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
KOTAK KOMENTAR

Ikuti @klikunic

nb : jika kotak komentar tidak muncul, refresh aja gan (tekan F5)

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel klikunic.net secara gratis melalui email: