Luka bakar dan Cara cepat mengatasinya ..

Tips Mengobati Luka Bakar
Pertolongan Pertama terkena Api atau Air Panas dan minyak goreng
Jika secara tidak sengaja bagian tubuh terkena air panas yang harus dilakukan pertama adalah cucilah dengan air mengalir. Misalnya tangan terkena air panas, maka ambil segera air mineral/ air minum lalu disiram perlahan ditempat yang sakit. Gunanya untuk mendinginkan luka, jangan langsung dioleskan dengan salep apalagi dikasih odol. Setelah luka terasa tidak terlalu panas maka lap bagian yang luka dan segeralah pergi ke dokter untuk pertolongan selanjutnya.
Buat ibu-ibu yang suka masak didapur pasti pernah kena cipratan minyak goreng, memang tidak terlalu berbahaya. Waktu saya kecil diberi tahu kalo kena minyak goreng langsung ditempelin pisau dapur hehehe. Kalo sekarang saya pikir, ada benarnya. Prinsipnya sama luka yang panas tadi harus didinginkan terlebih dahulu, barulah boleh dioleskan dengan obat tradisional seperti Minyak tawon. Dua hari lagi juga sembuh
Setelah luka tidak tersa panas lalu, diobati apa?
Untuk kasus betis kena knalpot bisa diobati dengan topical antibiotic. Topical antibiotik adalah salep obat yang digunakan untuk mengobati agar tidak infeksi dan lukanya tidak tambah lebar dan cepat kering, biasanya diberikan salep Gentamycin Sulfate, Neomycin Sulfate, Tetracycline HCl, golongan Sulfa. Kalo merek dagangnya seperti Bioplacenton (Neomycin), Burnazin (Sulfadiazine), Garamycin (Gentamycine), Terramycin Poly Topical (oxytetracycline). *bukan jualan obat luka loh…
Kasih tahu dong tentang Bioplacenton?
Mungkin diantara nama obat, Bioplacenton sudah familiar ditelinga, karena banyak yang tanya saya kasih tahu deh tentang obat ini *ga dapet bonus iklan*. Bioplacenton kandungannya berisi Neomycin Sulphate0.5% dan ekstrak placenta 100mg.
Neomycin Sulphate adalah bahan aktif yang digunakan sebagai antibiotik yang berfungsi untuk mencegah terjadinya infeksi, inflamasi (peradangan) dan mencegah luka tidak melebar. Topikal antibiotik memang banyak digunakan untuk luka bakar dan kondisi kulit lainnya yang bermasalah.
Sementara ekstrak placenton digunakan untuk memberikan kenyamanan pada permukaan kulit. Kulit yang luka juga memerlukan perawatan untuk dapat kembali ke keadaan semula, jadi fungsinya untuk meregenerasi kulit sehingga luka tidak meninggalkan bekas.
Jika saya tidak kena luka bakar tapi luka memar kebiruan atau keunguan pake apa ya obatnya?
Kalo untuk mengurangi memar akibat jatuh kejedot pintu (biasanya anak-anak) atau jatuh dari motor, bisa pake Trombophop Gel. Dapat dibeli diApotek terdekat. Kandungan obat ini adalah heparin untuk mengurangi memar.
Bagimana menghilngkan bekas luka tadi?
Setelah luka menunjukkan tanda tanda kesembuhan dan luka sudah mulai mengering, kini waktunya untuk meregenerasi kulit agar kembali seperti semula. Untuk bisa diobati dengan pemberian vitamin E untuk regenerasi kulit, pemakaian lotion yang mengandung vaseline dan moisturizer. Ada banyak banget sediaannya di Apotek, MLM (Nutrimost) dan Mall terdekat *maaf ga sebut merek soalnya udah kebanyakan sebut merek*

Semoga cepet sembuh gan

CARA 2

1. Begitu terkena benda atau cairan panas langsung singkirkan pakaian di sekitar luka bakar. Lakukan sesegera mungkin jangan sampai benda atau cairan panas itu mengenai pakaian yang lelehannya bisa jatuh ke kulit Anda.

2. Segera basuh luka dengan air dingin. Kira-kira selama 15 menit atau lebih sampai luka terlihat lebih baik. Hal ini untuk mendinginkan luka sebelum terkena obat. Kompres luka dengan kain kasa. Jangan gunakan kapas atau bahan lain yang sekiranya bisa menempel di kulit.

3. Anda sering melakukan pertolongan pertama dengan menggunakan odol? Mulai sekarang jangan lakukan hal tersebut. Hindari odol, mentega atau salep apapun karena salah-salah luka Anda akan makin parah. Air dingin cukup untuk meredakan nyeri luka bakar.

4. Segeralah periksakan luka bakar ke dokter untuk menghindari infeksi bakteri. Jika Anda terinfeksi bakteri, setelah mengalami luka tersebut Anda akan demam, radang dan luka Anda mengeluarkan nanah.

5. Luka bakar yang cukup serius sebaiknya langsung Anda bawa saja ke dokter atau rumah sakit. Karena bisa-bisa jaringan kulit Anda akan rusak dan merusak sistem kerja tubuh lainnya. Secepatnya Anda harus mendapatkan perawatan intensif.

sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=12751197

KOTAK KOMENTAR

nb : jika kotak komentar tidak muncul, refresh aja gan (tekan F5)

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel klikunic.net secara gratis melalui email: