Pasang Lampu Rem LED di Honda CBR 250R

MotoBike – Modifikasi yang pas bisa membuat tampang tunggangan asli berubah eye catching. Enggak cuma pada bodi atau bagian depan saja, sektor buntut juga bisa digarap untuk mendongkrak tampilan. Tapi faktor keselamatan gak boleh ditinggalkan bro.

Pentingnya penggunaan lampu belakang pada besutan, lantaran peranti tersebut adalah sinyal atau pengingat buat pengendara lain untuk menunjukkan arah motor.

So, fungsi lampu rem, dan sein harus tetap ada.

“Karena bagian itu berperan sangat penting. Jadi, jangan sampai putus atau mati. Bisa-bisa diseruduk dari belakang sama kendaraan lain. Biar aman dan tahan lama, lampu rem bisa diganti model LED (Gbr.1),” tutur Steven Lay, dari bengkel Layz Motor di Jl Pesanggrahan, No.8, Kedoya, Jakbar.

Di pasaran sudah cukup banyak yang menjajakan peranti tersebut. Selain daya tahan lama, hemat listrik, dan tampilan jadi lebih enak dilihat, terutama saat lampu bekerja. Contohnya lampu rem belakang LED buat Honda CBR 250 ini. Bagi yang ingin pasang bisa menyimak langkah berikut. Yuk, bongkar!

Pada gerai Layz Motor, part plug n play (P’nP) ini bisa ditebus seharga Rp 950 ribu. “Keunggulannya sudah include dengan lampu sein, dan rem alias menyatu. Jadi, saat rem diinjak, maka sein akan tetap menyala,” urai pria yang ready stok part buat CBR 250.

Untuk memasangnya, mula-mula buka dulu jok depan dan belakang. Dilanjutkan membuka behel belakang, gunakan kunci T-12 mm buat membuka 4 baut pengancingnya. Lalu, kendurkan 3 baut cover atas lampu rem aslinya pakai obeng kembang (Gbr.2). Setelah itu, tarik keluar cover tersebut.

Masih dengan obeng kembang, buka 2 baut pegangan lampu rem yang ada di bagian bodi kiri dan kanan. Karena soket-soket lampu ada dibawah spatbor belakang, maka buat membukanya cukup lepas 4 klip pada cover tersebut. Caranya, dorong bagian tengah klip, trus cabut, deh!

Setelah itu, pakai obeng kembang lagi buat membuka 2 baut yang ada dibawah bagian

dalam sepatbor belakang sebelah pojok kiri dan kanan bodi. Sudah? “Eits, masih ada satu baut yang mengikat dibawah (Gbr.3),” sahut Steven, panggilannya.

Kalo sudah lepas dan cabut soketnya, baru deh bisa pasang lampu LED model 3 in 1 itu seperti asli bawaan motor. Tapi, sebelum merakit kembali ke awal, baiknya dites dulu lampu tersebut. Berfungsi dengan baik atau tidaknya. Yakni, dengan menyambungkan soket lampu tersebut (Gbr.4).

“Model soketnya masih sama, hanya beda warna kabelnya. Jadi tinggal pasang dan sesuaikan jalur yang dipakai. Buat yang gak melepas sepatbor atau bukan undertail, tinggal selipkan ke soket sein standarnya,” tutup pria ramah ini, sambil memasang kembali semua bautnya.

video

sumber :http://www.mymotobike.com/article/read_article/37671/171/2011/12/09/Pasang_Lampu_Rem_LED_di_Honda_CBR_250R

KOTAK KOMENTAR

Dilarang : nyepam, pasang link yang tidak sesuai dengan artikel.
moderator akan langsung memblokir sobat. terima kasih

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel klikunic.net secara gratis melalui email: