Upgrade Performa Suzuki Satria FU 150

MotoBike – Bagi speedholic pembesut Suzuki Satria FU 150, pas banget nih kalo baca artikel ini. Dengan kapasitas mesin yang cukup besar untuk sebuah bebek sport yang dari sononya sudah terlahir kencang, bisa ditambah lebih ngacir lagi lo.

Tinggal sesuaikan saja budget yang motobikers miliki. Boleh coba lirik hasil garapan bengkel Yovan Speed and Custom (YSC) dengan dana bervariasi, mulai Rp 500 ribuan sampai di kisaran Rp 4 jutaan.

“Harga gak bisa dipatok, karena tergantung dari kebutuhannya atau banyaknya ubahan. Buat harian, turing atau lainnya,” promo Legawa, mekanik YSC.

Oh iya, untuk upgrade performa motor ini, misalnya ingin bore-up, bisa dipasangi seher Kawasaki Eliminator atau Yamaha Scorpio. Tentunya ditambah part pendukung lainnya kayak koil, CDI, karbu, knalpot, dan lain-lain.

Nah, sebagai kelinci percobaannya adalah Satria FU milik Ady Bajoel garapan dari Iwa, panggilan akrab mekanik YSC. Tunggangan keluaran 2009 itu sudah mengalami beberapa ubahan.

Hasil tes pakai alat Dynometer milik Ultra Speed Racing di Jl. H. Mencong, Ciledug, Tangerang, tunggangan anggota Jakarta Satria Club (JSC) itu mampu mengail tenaga yang cukup besar. Yakni, power maksimum tembus 20,94 dk di 9.851 rpm. Naik sekitar 6,94 dk dari standarnya yang di kisaran 14 dk. Wow!

Untuk rincian item part ada di bawah ini!

Piston & Cylinder Head

Piston asli berdiameter 62 mm, diganti pakai punya Kawasaki Eliminator berdiameter 66 mm. Langkah piston dinaikkan sebanyak 6 mm, sehingga membuat kapasitas mesin langsung melonjak jadi 188 cc.

“Menyesuaikan volume silinder yang membengkak, saluran masuk dan buang di-porting-polish secukupnya,” terang Legawa.

Karburator

Volume ruang bakar gede, butuh pasokan bensin dan udara lebih banyak. Untuk itu tugas karbu standar digantikan milik Honda NSR SP alias Keihin PE 28. “Namun kalau ingin asupan gas lebih banyak lagi, karbu bisa di-reamer jadi 32 atau 34 mm,” tambahnya. Kombinasi spuyer (pilot dan main jet) mengikuti permintaan mesin.

Knalpot

Supaya nafas mesin lebih panjang dan tenaga lebih keluar, knalpot diganti jenis free flow. Bisa juga pakai standar, tapi mesti dibobok. Tapi, jangan terlalu loss ya!

CDI

Untuk mendapatkan putaran mesin lebih tinggi dan pembakaran optimal di setiap putaran mesin, otak pengapian sebaiknya pakai yang kurvanya sudah di-setting lebih advance. Misal BRT, Rextor, Cheetah, dan lainnya. Boleh ditambah dengan koil racing.

Part dan jasa
1. Seher,ring, pen & boring Rp 600 ribu
2. Karburator Keihin PE 28 (bekas) Rp 750 ribu
3. Knalpot DBS Rp 1,5 juta
4. Jasa, dll Rp 250 ribu
Total Rp 3,1 juta

Hasil Test Dyno
Standar Upgrade Kenaikan Tenaga
14 dk/9.000 rpm 20.94 dk/9851 rpm 6.94 dk

sumber :http://www.mymotobike.com/article/read_article/37971/171/2011/12/14/Upgrade_Performa_Suzuki_Satria_FU_150

KOTAK KOMENTAR

Dilarang : nyepam, pasang link yang tidak sesuai dengan artikel.
moderator akan langsung memblokir sobat. terima kasih

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel klikunic.net secara gratis melalui email: